4 Cara Mengatasi Susah Tidur pada Ibu Hamil

Rasa kurang nyaman pada masa kehamilan memang dialami oleh semua ibu hamil. Apalagi ketika memasuki usia kandungan 6 bulan ke atas dimana perut si ibu mulai membesar pasti akan semakin menimbulkan ketidaknyamanan. Dari rasa kurang nyaman tersebut menimbulkan beberapa efek negatif. Salah satunya ialah ibu hamil mengalami insomnia atau susah untuk tidur. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar ibu hamil dapat tidur dengan nyenyak. Lalu apa sajakah caranya, simak tips kami berikut ini.

4 Cara Mengatasi Susah Tidur pada Ibu Hamil

Posisi Tidur Menentukan Kualitas

Agar ibu hamil dapat tidur dengan nyenyak, gantilah posisi tidur Anda. Jika biasanya Anda tidur dengan posisi berbaring terlentang, maka untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik ibu hamil harus berbaring ke samping atau tidur dengan posisi menghadap ke samping. Untuk menambah rasa nyaman ketika tidur, gunakan bantal sebagai ganjalan di bagian punggung.

Perhatikan Pola Makan

Ketika masa kehamilan, ibu hamil di tuntut untuk selalu menjaga pola makannya. Nah hal ini ternyata juga berimbas pada kualitas tidur mereka. Perbanyak minum pada saat siang hari dan mulai di kurangi ketika malam. Hal ini bertujuan agar di saat tidur nanti ibu tidak sering bangun untuk buang air kecil. Selain konsumsi air mineral tersebut, pola makan yang harus di terapkan ialah porsi makan kecil namun dengan tempo yang sering. Lalu hindari mengkonsumsi gorengan dan makanan yang terlalu pedas atau asam.

Atur Pola Tidur dengan Baik

Jika pada masa kehamilan, ibu hamil hanya di rumah saja atau dalam artian tidak melakukan aktifitas rutin seperti bekerja otomatis ibu memiliki waktu istirahat yang cukup. Tak terkecuali saat siang hari. Tidur di siang hari ini tidaklah menjadi pantangan, namun ibu harus bisa mensiasati sendiri. Apakah ketika siangnya tidur maka ketika malam menjadi kesulitas untuk tidur. Jika hal ini terjadi maka kurangilah tidur siang kecuali dalam keadaan sangat mengantuk.

Olahraga yang Cukup

Saat masa kehamilan datang seringkali seseorang menjadi lebih malas dari biasanya. Namun untuk menjaga kandungan dan stamina dalam keadaan baik, ibu hamil harus melakukan olah raga rutin. Tak perlu lama-lama dan berat cukup rutin saja. Misalkan 30 menit perhari dengan jalan kaki atau yoga. Olahraga rutin tersebut juga dapat berpengaruh pada kualitas tidur Anda di malam hari menjadi lebh nyenyak.

Nah itulah 4 Cara Mengatasi Susah Tidur pada Ibu Hamil. Mudah sekali untuk dilakukan bukan? Untuk menjaga kondisi kehamilan agar tetap sehat hingga persalinan nanti lakukan cara diatas agar kualitas tidur Anda semakin membaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *